RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 12 semester 1 dan 2


RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 12 semester 1 dan 2 merupakan perangkat guru Sejarah tahun 2020 sesuai SE mendikbud.
 
Add caption
Istilah Merdeka belajar menjadi angin segar di Dunia pendidikan Indonesia, Demikian juga dengan pembelajaran penyederhanaan menjadi satu lembar ( RPP 1 Halaman ) Sesuai dengan kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu Bapak Nadiem Makarin pada masa pemerintahan Jokowi Jilid II ini.

Contoh Format RPP  2020

RPP 1 Lembar, Yeah Tepatnya begitu cetus Bapak pelopor Gojek saat Pidato di para guru Se-Indonesia. RPP satu halaman ini menjadi angin segar dikalangan para pendidik. Terutama penulis pribadi, hehehe.

Bayangkan Rpp Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 ini hanya memerlukan 3 komponen saja yaitu Tujuan, Kegiatan dan Penilaian. Yang dari 13 komponen dalam setiap mata pelajaran

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merajuk pada kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik. Tujuan belajar ini menggambarkan suatu proses dan efect atau hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Dalam penyusunan pembelajaran pada RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 yang disederhanakan berdasarkan KD dengan mengunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur dari sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Langkah-langkah pembelajaran

Langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat mencapai KD. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara instraktif, insfiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi para siswa.

langkah langkah kegiatan pembelajaran tetap berdasarkan keterampilan abad 21 seperti penguatan pendidikan karakter ( PPK) 4C ( literasi, critical, thinking, creative thinking, collaboration, dan commnunication), serta keterampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS)

Penilaian Pembelajaran

Dalam RPP 1 halaman Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 12 terkait penilaian pembelajran juga dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan melihat 3 bentuk penilaian abada 21 seperti assessment for learning.

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1 LEMBAR)


  • Nama Guru      : Mr. GuruYes
  • Nama Sekolah : SMA GuruYes
  • Jenjang/Kelas : SMA/XII 
  • Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Topik : Poetry for the Planet (Puisi untuk Planet Bumi)

1. Tujuan Pembelajaran

● Mengenal perangkat puisi dan pemilihan kata sifat yang tepat
● Mengurutkan kata sifat dengan tepat
● Menganalisis puisi dari makna tersurat dan tersirat
●Membuat puisi dengan kekuatan untuk menyadarkan masyarakat tentang krisis perubahan iklim
● Membacakan puisi dengan teknik ‘Poetry Slam’  

2. Aktivitas/Strategi Pembelajaran

● Peserta didik memulai pembelajaran puisi dengan menonton sebuah video yang memperdengarkan sebuah puisi karangan Kathy Jetnil-Kijiner yang berjudul ‘​Dear Matafele Peinem’​. Puisi ini dibacakan dalam Climate Change Summit di tahun 2014.
● Menggunakan strategi Visible Thinking Routine:​ See-Think-Wonder​, peserta didik menuangkan apa yang mereka lihat, pikirkan dan pertanyakan tentang apa yang baru saja mereka tonton. 
● Guru membahas tentang perangkat puisi dengan menganalisis dari puisi yang didengarkan bersama. Sebagai PR, guru membagikan link online quiz Quizizz.com melalui Google Classroom. 
● Peserta didik diminta membaca ‘Poetry around the world’ di ​Google Earth​ Voyager​.
● Peserta didik secara berkelompok membuat graphic organizer tentang persebaran puisi di dunia dan kaitannya dengan kultur daerah masing-masing, kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka dengan strategi ​two stay-two stray​.
● Guru melanjutkan diskusi tentang teknis puisi, penggunaan thesaurus dalam mencari kata-kata yang puitis dan bagaimana mengurutkan kata sifat. Peserta didik mengerjakan latihan untuk mengetes pemahaman menggunakan Quiz di ​Google Form​.  ● Peserta didik melakukan riset untuk mendalami permasalahan perubahan iklim dengan membaca ‘Climate Change Impact’ di ​Google Earth​ Voyager​ dan menonton beberapa video pendek dari​ playlist Youtube ​yang sudah disediakan tentang kaitan perubahan iklim, aktivitas manusia dan global pandemik yang sedang kita alami saat ini.
● Peserta didik melanjutkan riset dengan mengeksplor tempat-tempat di bumi dan perubahannya dalam periode waktu tertentu menggunakan ​Google Earth​ Engine Timelapse.
● Peserta didik menyimpulkan dan menuangkan isi pikiran mereka menggunakan metode Visible Thinking: ​What Makes You Say That​. Peserta didik menuliskannya pada​ sticky notes online. 
● Peserta didik diminta oleh guru untuk mengakses​ Google Earth​ dan mencari tempat favorit atau impian mereka di planet bumi. Lalu, guru melempar sebuah pertanyaan: “Bayangkan tempat yang indah tersebut hancur oleh ulah segelintir manusia?”. Guru melempar
pertanyaan berikutnya, ‘Bagaimana kita dapat menggunakan media puisi untuk membangkitkan kesadaran orang-orang untuk menjaga alam dari kerusakan?’
● Guru kemudian menantang siswa untuk menggunakan pengetahuan yang mereka miliki tentang teknis puisi dan menggunakan emosi dan perasaan mereka terhadap bumi yang kemudian dituangkan dalam bentuk puisi yang kuat dan memberikan efek mendalam bagi yang membaca atau mendengarnya. 
● Guru membagikan 1 ​Google Slides​ di ​Google Classroom​ dan setiap siswa diberikan slot 1 slide untuk melakukan melampirkan foto tempat favoritnya yang diambil dari ​Google Earth Street View ​dan 1 slot lainnya untuk menuliskan puisi mereka. 
● Guru memberikan feedback online langsung di ​Google Slides​ tersebut. 
● Peserta didik berlatih membacakan puisi mereka menggunakan teknik ‘Poetry Slam’ ● Mengikuti contoh video puisi ​‘Dear Matafele Peinem’​, peserta didik membuat video pendek berisi potongan gambar tempat favorit mereka disertai rekaman suara mereka membacakan puisinya.
● Peserta didik kemudian mengunggah video tersebut ke Youtube dan membagikan linknya ke sosial media, keluarga dan teman-temannya. 
● Guru dan peserta didik merefleksikan hasil pembelajaran proyek puisi untuk Bumi ini dalam diskusi kelas dan peserta didik menuliskannya dalam bentuk Diary Entry dengan panduan:  1. Apa yang sudah mereka pelajari? 2. Apa yang sudah dilakukan?  3. Apa yang disadari sepanjang pembelajaran? 4. Apa yang sangat signifikan mempengaruhi mereka? 5. Apa yang sebaiknya mereka lakukan lebih baik lagi?

3. Penilaian Pembelajaran

● Sikap: Observasi saat diskusi dan presentasi tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan keaktifan.
● Pengetahuan: Pengaplikasian teknis puisi dan pemilihan kosakata yang tepat dan menciptakan efek dramatis dalam puisi yang diciptakan.
● Keterampilan: Pembacaan puisi dengan metode ‘Poetry Slam’


                                                                                                Jakarta, 26 Maret 2020

Mengetahui Guru Mata Pelajaran                                          Kepala Sekolah


Yun Kusumawati                                                                   Maryati Hulalata


Guru yang sudah membuat RPP. dengan format yang mengacu pada permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah tetap dapat mengunakan format RPP guru 2020 yang sudah ada.

Pengelolaan administrasi lembaga Pendidikan yang rapi dan administratif,sangat penting untuk meningkatkan kinerja lembaga Pendidikan. Peningkatan kinerja itu akan berkonsekuensi positip yang makin meningkatkan efesiensi, mutu dan pelayanan lembaga Pendidikan pada peserta didik. Sebuah lembaga Pendidikan yang baik dapat di lihat dari kegiatan pembelajaran yang tertib dan terarah.

Berdasarkan Kemendikbud Nomor 22 tahun 2016 terkait standar pendidikan dasar dan menegah, bahwa RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 12 ini merupakan rencana kegiatan belajar tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang dikembangkan dari silabus.

RPP satu lembar semester 1 dan 2  sesuai dengan kebijakan baru kemendikbud. Guru bebas memilih, mengembangkan, dan mengunakan RPP yang sesuai dengan prinsip Efesien, Efektif, berrorientasi,modifikasi.

RPP satu halaman ini sesuai berdasarkan surat edaran Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2019 tanggal 10 Desember 2019 mengenai Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Nah, Berkaitan dengan kebijakan baru dari bapak Nadiem Makarin tentang RPP sederhana 1 lembar, Admin guruyes akan memberikan RPP 1 Lembar untuk jenjang SLTA  yaitu RPP 1 lembar SMA/SMK /SMK  Sejarah Kelas 10 11 12  Semester 1 dan 2

Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  di dalam kelas, laboratorium ataupun di luar kelas.

Download RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK  Kelas 10 11 12 Semua Mapel

RPP satu halaman adalah wajib dibuat setelah memiliki silabus serta kewajiban di pegang oleh guru sebelum masuk melaksanakan pembelajaran. RPP 1 halaman ini adalah  perangkat yang berisi hanya 3 komponen yang disederhanakan dari 13 komponen yaitu tujuan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indicator, kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, langkah-langkah dan penilaian serta promes, prota KKM.

Agar lebih lengkap dan berguna anda berada di website guruyes ini silahkan download RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK /SMK  Kelas 10 11 12  Semester 1 dan 2 di bawah ini, dan jangan lupa bagikan ke Rekan guru yang membutuhkan.
Download File Asli : RPP 1 Lembar SMA 2020 Kelas 10 11 12 semester 1 dan 2

Demikian RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK /SMK  Kelas 10 11 12  Semester 1 dan 2 bisa membantu anda dalam melengkapi administrasi kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan dan jika artikel ini berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan guru maka kami sarankan untuk mengshare ke teman-teman yang belum mengetahui alamat blog www.guruyes.com. Sehingga apa yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi sesama manusia (Guru), yeah , minimal kita bersedekah dengan informasi jika belum bisa bersedekah dengan materi. Kira-kira Seperti Itu. Sukron dan Wassalam

0 Response to "RPP 1 Lembar Sejarah SMA/SMK Kelas 10 11 12 semester 1 dan 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Isi Artikel...!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel