RPP 1 Lembar PJOK SMP Kelas 7 Semester 1

Apakah anda sedang mencari RPP 1 Lembar PJOK  Kelas 7 Semester 1? yeah tepat sekali nih, kenapa? karena kali ini admin memberika contoh RPP 1 Lembar SMP kelas VII untuk semester ganjil.

RPP 1 Lembar PJOK  Kelas 7 Semester 1 ini sudah memuat konsep pembelajaran yang efetif dan aktif serta bersadarkan kaedah HOTS dalam meningkatkan proses belajar mata pelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan Sekolah menengah pertama kelas VII Semester ganjil.

Untuk Lebih Jelasnya, silahkan anda bisa lihat contoh RPP 1 halaman PJOK  Kelas 7 Semester 1 di bawah ini;
RPP 1 Lembar PJOK  SMP Kelas 7 Semester 1

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1 LEMBAR)

Sekolah                        : SMP Negeri Guruyes.com
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : VII / 1
Materi Pokok               : Olahraga dan Kesehatan (Perkembangan Tubuh Remaja)
Alokasi Waktu             : 1 kali pertemuan (3 Jam Pelajaran)


1. Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental, dengan baik ;
b.Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental
c.Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputiperubahan fisik sekunder dan mental.

2.  Langkah-langkah Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit.
3.      Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : perumbuhan dan perkembangan tubuh/ fisssik dan menal dilakukan secara kerja sama, berungguh-sungguh, mandiri dan toleransi.
4.      Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.      Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehidupan sehari-hari.
6.      Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi pertumbuhan dan perkembangan isik dan mental melalui pertanyaan : 1. Berikan contoh tanda-tanda sesseorangg telah beranjak dewasa? 2. Jelaskan ciri-ciri secara fisik maupun fisiologis? ( HOTS)
7.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (moving place).
8.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
1)     Siswa membaca berbagai informasi tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. dari buku teks pelajaran dan sumber lain.
2)     Siswa membaca berbagai informasi tentang perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental dari buku teks pelajaran dan sumber lain.
90 menit
Tahap 2 Organisasi Belajar
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencatat klasifikasi apa yang telah diamati.
2)    Siswa saling mempertanyakantentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
3)    Siswa saling mempertanyakantentang perkembangan tubuh remaja kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
4)    Siswa saling mempertanyakantentang pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
5)    Siswa saling mempertanyakantentang ciri-ciri gangguan kesehatan yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
6)    Siswa menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber
Tahap 3 Penyelidikan Individu atau kelompok
1)  Siswa diberi kebebasan mencari informasi tentan permasalahan yang dipertanyakan dalam materi perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental
2)  Siswa mengolah hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya
3)  Siswa mendiskusikan tentang  perkembangan tubuh remaja. secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)  Siswa mendiskusikan tentang  perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Penggembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
1)  Siswa menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
2)  Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
3)  Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
4)  Siswa menarik kesimpulan dan menyusun laporan tentang perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
1) Siswa mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.
2) Siswa mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.
3) Siswa mendiskusikan tentang pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.
4) Siswa mendiskusikan tentang ciri-ciri gangguan kesehatan secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.

Penutup

1.        Salah satu siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi, guru mempertanyakan apa manfaat hasil kesimpulan tersebut.
2.        Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat berdiskusi.
3.        Guru menginformasikan kepada siswa kelompok yang paling baik penampilannya selama melakukan diskusi.
4.        Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang konsep pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit, gaya hidup sehat dan gaya hidup tidak sehat kaitannya dengan berbagai penyakit, gaya hidup sehat yang mempengaruhi kesehatan, dan usaha kesehatan sekolah (UKS). Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.        Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit


3. Penilaian Pembelajaran

1. Penilaian Sikap Spritual dan social
2.  Penilaian Pengetahuan
3.   Penilaian Keterampilan
4.   Program Remedial dan Pengayaan

Demikianlah contoh RPP 1 Lembar PJOK  Kelas 7 Semester 1 yang semoga dapat membantu anda dalam menjalankan tugas sebagai guru yang baik. jika belum lengkap silahkan lihat juga kumpulan RPP 1 lembar SMP semua Mapel dan semua kelas KLIK DISINI

    0 Response to "RPP 1 Lembar PJOK SMP Kelas 7 Semester 1"

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan Saling Menghargai...!!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel