RPP 1 LEMBAR PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti

RPP 1 LEMBAR PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti - Kurikulum 2013 adalah rpp terbaru yang akan kami bagikan dan semoga rpp PJOK ini dapat membantu anda. 

Dengan keberadaan RPP 1 LEMBAR PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti ini dapat membantu rekan guru dalam menyukseskan proses belajar mengajar, RPP 1 LEMBAR PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti dapat anda dapatkan secara gratis di bawah dan bila ada isi dan konten yang ada dalam RPP 1 LEMBAR PJOK SMP ini terdapat kekurangan atau masih tidak sesuai dengan kurikulum 2013 maka silahkan berikan komentar.
RPP 1 LEMBAR PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti


Pengelolaan administrasi lembaga Pendidikan yang rapi dan administratif,sangat penting untuk meningkatkan kinerja lembaga Pendidikan . Peningkatan kinerja itu akan berkonsekuensi positip yang makin meningkatkan efesiensi, mutu dan pelayanan lembaga Pendidikan pada anak atau peserta didik khususnya dan pada masyarakat banyak pada umumnya. Sebuah lembaga Pendidikan yang baik dapat di lihat dari kegiatan pembelajaran yang tertib dan terarah.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1 LEMBAR )


Sekolah                               : SMP N
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VII / 1
Materi Pokok                       : Permainan Bola Kecil (Kasti)
Alokasi Waktu                     : 3 Kali Pertemuan ( 9 JP )


1. Tujuan Pembelajaran
1.     Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.     mengidentifikasikan berbagai gerak melempar dan menangkap bola permainan kasti, dengan baik dan benar;
b.     Menjelaskan berbagai gerak melempar dan menangkap  bola permainan kasti dengan baik dan benar.

2.     Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.     Mengidentifikasikan berbagai gerak memukul bola permainan kasti dengan baik dan benar;
b.     Menjelaskan berbagai gerak memukul bola permainan kasti dengan baik dan benar;

3.     Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.     Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti dengan baik dan benar;
b.     Melakukan  dan menggunakan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan kasti yang dimodifikasi

2. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : keterampilan gerak melempar dan menangkap dalam permaianan kasti dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.      Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.      Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.      Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak mmelempar an menangkap permainan kasttimelalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan permainan kasti  ? 2. Jelaskan cara melakukan teknik melempar dan menangkap bola kasti ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan kasti? ( HOTS)
7.      Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (Gatrik).
9.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam  permainan kasti  melalui pengamatan video
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
90 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis lempran dan tangkapan digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan  Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.     Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.     Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan kasti.
5.     Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar dan menangkap  dalam permainan kasti, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain kasti, manfaat permainan kasti terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
10 menit


Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : keterampilan gerak memukul dalam permaianan kasti dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.      Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.      Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.      Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak mmelempar an menangkap permainan kasttimelalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan permainan kasti  ? 2. Jelaskan cara melakukan teknik melempar dan menangkap bola kasti ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan kasti? ( HOTS)
7.      Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (Gatrik).
9.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti melalui Viedo.
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan tugas keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.     Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.     Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan kasti.
5.     Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak memukul  dalam permainan kasti, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain kasti, manfaat permainan kasti terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit

Pertemuan Ketiga
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : Variasi keterampilan gerak melempar, menangkap dan memukul dalam permaianan kasti dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.      Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.      Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.      Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak mmelempar an menangkap permainan kasttimelalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan permainan kasti  ? 2. Jelaskan cara melakukan teknik melempar dan menangkap bola kasti ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan kasti? ( HOTS)
7.      Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (Gatrik).
9.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti. melalui video
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan tugas Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)     Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)       Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)       Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.       Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.     Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.     Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan kasti.
5.     Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar, mengkap dan memukul  dalam permainan kasti, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain kasti, manfaat permainan kasti terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit

3.  Penilaian Pembelajaran
1.    Penilaian Sikap Spritual dan social
2.    Penilaian Pengetahuan
3.    Penilaian Keterampilan
4.    Program Remedial dan Pengayaan


Demikianlah artikel RPP PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti yang semoga dapat membantu para guru Indonesia dalam mengembangkan kreatifitas pendidikan dan kelengkapan administrasi.

    0 Response to "RPP 1 LEMBAR PJOK KELAS VII Materi Bola Kasti"

    Post a Comment

    Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan Saling Menghargai...!!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel